Pemasangan

Pemasangan Relief Ukiran Batu Paras Jogja

Pemasangan relief batu alam memang susah-susah gampang, yang agak susah adalah ketika relief itu dengan ukuran besar, misalnya ukuran 400cm X 600cm. gampangnya bila ukiran batu itu kecil, misalnya ukuran 60cm X 100cm.

Mengapa kalo ukuran besar susah? karena penggunaan batu alam untuk membuat ukuran 400×600 menggunakan batu beberapa pcs.

Namun dalam totalitas kerja, selain pengerjaan relief kami juga siap dalam pemasangan relief ukiran ke seluruh indonesia.

Berikut tahap demi tahap pemasangan relief untuk dinding yang kami  abadikan saat pemasangan di Malang Jawa Timur.

1) Penempelan Batu ke Dinding

pemasangana relief
pemasangan relief                                                            

 Tahap pertama adalah tahap penempelan ukiran batu ke dinding.

Peralatan yang digunakan adalah mesin bor dengan mata 8ml, besi bulat ukuran 12ml panjang 8cm fungsinya untuk menahan/menyangga beban batu, obeng/kunci, fiser 8ml untuk menempelkan batu ke dinding Alasan kami menggunakan fiser adalah untuk menjaga kebersihan relief. karena dari pengalam kami penempelan menggunakan semen tidak luput dari percikan semen,kalau  semen sudah masuk ke pori-pori batu sangat sulit sekali untuk dibersihkan.

2)  Pemerataan

Tahap ini adalah tahap pemerataan pada sambungan batu, pemerataan batu gunanya agar sambungan batu ke batu lurus,selain lurus pada tahap ini untuk mempermudah tahap pemasangan batu selanjutnya.

Peralatan yang digunakan adalah tatah ukir, amplas kain ukuran 120

3)  Finishing

Proses finishing adalah proses pendempula/penambalan bekas bor untuk fiser, sambungan batu dan gompelan atau sedikit cacat dalam proses pengiriman relief.

Peralatan yang digunakan adalah kuas, kape kecil,serbuk batu, semen putih dan lem fox.

Caranya mencampur serbuk dansemen dengan perbandingan 6:1 kemudian ditambah denagan lem fok secukupnya,dicampur sampai bener-bener rata. berikutnya pendempulan bekas bor dan sambungan. kemudian tunggu sampai dempul kering lalu aplas tipis-tipis pada bekas dempulan

4)  Pengotingan

Tahap ini adalah tahap ahir yaitu pengotingan, pengotingan dilakukan dalam kondisi batu bersih dan kering.

Agar koating benar masuk dalam rongga-rongga relief dan pori batu,kita menggunakan alat semprot burung atau sejenisnya.

 

untuk info lebih lanjut silahkan kontak kami atau datang langsung ke workshop kami